Peralatan Kelengkapan Menunggang Kuda

Pakaian Berkuda Yang Benar

Penting untuk memiliki pakaian berkuda yang tepat bahkan ketika Anda baru mulai belajar cara menunggang kuda. Lebih baik menanamkan kebiasaan yang benar dan mengetahui fungsi yang benar dari berbagai peralatan berkuda.

Perlengkapan berkuda tidak harus mahal. Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk mengetahui alasan mengapa jenis pakaian tertentu diperlukan untuk menunggang kuda. Fungsi pakaian dan perlengkapan itulah yang penting. Dan sebagian besar waktu, alasan mengenakan jenis pakaian tertentu saat berkuda terutama untuk tujuan keselamatan. Meskipun Anda tidak harus membeli peralatan berkuda paling mahal, Anda harus memilihnya berdasarkan fungsinya - selalu.

Helm Berkuda

Mari kita mulai dari kepalamu. Apalagi jika Anda seorang pemula dalam menunggang kuda, Anda akan jatuh dari kudanya. Tetapi salah satu cara terbaik untuk menaklukkan rasa takut jatuh dari kuda ini adalah dengan memastikan bahwa Anda telah mempersiapkan diri dengan baik saat itu terjadi sehingga tidak ada hal serius yang terjadi pada Anda secara fisik. Dan perlengkapan terpenting untuk melindungi Anda dari jatuh adalah helm Anda.

Bukan untuk menakut-nakuti Anda saat berkuda atau apa pun, tetapi mari kita tekankan pentingnya mengenakan helm saat menunggang kuda. Statistik menunjukkan bahwa ada 70.000 kasus cedera terkait menunggang kuda setiap tahun. Dan 12.000 dari kasus ini mengalami cedera kepala.

Pastikan Anda memakai helm yang bersertifikat ASTM / SEI. Saat Anda jatuh, helm bersertifikat menyerap energi dengan menghancurkan dan memperpanjang waktu henti kepala Anda untuk mengurangi dampak puncak pada otak secara signifikan. Helm ini dibuat untuk mengompres dan mematahkan pada benturan serius. Helm yang rusak bukanlah pertanda helm rusak. Faktanya, bahan ini dapat hancur atau retak saat menyerap energi yang dapat menyebabkan cedera serius bagi Anda.

Dan pastikan helm Anda pas dengan Anda. Tidak masuk akal jika Anda memakai helm yang aman jika helm itu hanya akan terbang begitu Anda jatuh dari kuda.

Dan terakhir, kenakan helm Anda setiap saat Anda berada di dekat kuda, meskipun Anda tidak sedang menunggang kuda. Kuda Anda adalah hewan kuat yang dapat menyebabkan kecelakaan serius yang tidak terduga. Bahkan tingkat keahlian Anda dalam menunggang kuda tidak mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan. Ingatlah selalu bahwa risiko cedera adalah fungsi dari waktu berkendara kumulatif, dan bukan tingkat keahlian Anda.

Penting: Ganti helm Anda jika ada benturan serius saat Anda terjatuh. Meskipun secara eksternal, Anda mungkin tidak melihat kerusakan, seperti retakan, pada helm, helm mungkin telah mengalami kerusakan struktural yang tidak terlihat yang mungkin tidak melindungi kepala Anda sepenuhnya saat kepala Anda terbentur saat jatuh.

Kemeja dan Jaket Berkuda

Tidak banyak aturan ketat dalam hal kemeja yang harus dikenakan seseorang saat menunggang kuda. Aturan kenyamanan biasanya akan menentukan jenis kemeja yang akan dikenakan seseorang saat menunggang kuda. Dan kecuali Anda menunggang kuda untuk pertunjukan kuda, kemeja yang sangat pas untuk Anda akan cocok untuk Anda. Warna kemeja Anda bahkan mungkin lebih penting terutama saat Anda akan pergi ke jalan setapak di mana Anda disarankan untuk memilih kemeja dengan warna-warna cerah untuk visibilitas yang lebih baik.

Aksesoris pakaian lainnya seperti rompi lebih banyak untuk fungsi daripada bentuk. Rompi membuat pengendara tetap hangat tanpa terlalu banyak membatasi gerakan lengan pengendara. Dan dalam kasus suhu yang sangat dingin, Anda dapat memilih untuk mengenakan mantel musim dingin yang dirancang khusus untuk menunggang kuda. Mantel musim dingin ini lapang di bagian bahu dan memiliki gusset sehingga menyebar di atas sadel, daripada menyelipkan di bawah tempat duduk Anda, untuk mengurangi gangguan saat berkendara.

Pakaian opsional lainnya mungkin termasuk penutup helm Anda untuk menjaga kepala Anda tetap hangat terutama saat angin bertiup melewati wajah Anda saat bersepeda, dan sarung tangan berkuda musim dingin untuk fungsi yang sama menjaga kehangatan Anda. 

Celana Berkuda

Mengendarai celana secara praktis tetap sama dari waktu ke waktu. Kecuali bahan yang digunakan untuk membuat celana ini, semuanya mengikuti alasan fungsional yang sesuai dengan tujuan desainnya. Aturan umumnya adalah celana berkuda harus pas di kaki bagian bawah agar lebih banyak kontak dengan kuda. Kursi juga harus lebih fleksibel untuk memungkinkan kebebasan bergerak.

Untuk bersepeda sehari-hari, celana ketat regang dua arah yang murah dapat dikenakan. Celana ketat ini dapat dikenakan dengan kulit lutut dan penutup jok untuk alasan ketahanan dan fungsional karena dapat memberikan cengkeraman yang lebih baik dan melindungi kain yang ketat dari kerusakan yang mudah dan robek.

Bahan modern yang dapat direnggangkan juga telah diperkenalkan untuk membuat riding breeches, atau jodhpurs, jauh lebih nyaman dengan membiarkan kaki Anda bernapas. Selain itu, bahan baru ini juga jauh lebih mudah dibersihkan, yang bisa menjadi tugas penunggang kuda biasa. Dan lagi, untuk pengendaraan suhu sangat rendah, ada bahan seperti bulu domba untuk memberikan kehangatan selama musim dingin.

Ingatlah bahwa Anda tidak boleh mengenakan celana baggy saat menunggang kuda. Alasannya fungsional dan untuk keamanan. Celana baggy memungkinkan lebih sedikit kontak dengan kuda dan mungkin juga menghalangi gerakan kaki pengendara saat berkuda. Celana baggy ini juga dapat menyebabkan kecelakaan saat tersangkut sesuatu, seperti sanggurdi, saat naik, naik, atau turun. Selain itu, jangan pernah mengenakan celana pendek saat bersepeda karena kulit kaki Anda mungkin terjepit saat bersepeda.

Perlu diperhatikan bahwa ada berbagai jenis celana yang dianggap lebih cocok tergantung pada jenis bersepeda. Untuk berkendara ala Barat, jeans bisa digunakan. Dan untuk riding Inggris, riding breeches atau jeans dikenakan dengan chaps.

Untuk bersepeda sehari-hari, selama celananya nyaman dipakai dan memungkinkan kontak optimal dengan kudanya, maka pilihlah celana yang pas untuk Anda. 

Pakaian Dalam untuk Berkuda

Ini mungkin tampak seperti masalah yang sangat sepele bagi sebagian orang, tetapi bagi orang lain yang memiliki pengalaman dalam olahraga lain yang membutuhkan pakaian dalam yang sesuai, Anda tahu bahwa mungkin ada baiknya Anda memilih pakaian dalam yang cocok untuk menunggang kuda. Toko olahraga bisa menjadi tempat yang baik untuk mencari bra dan pakaian dalam yang dirancang khusus untuk berkuda. Pakaian dalam ini memberikan penyangga yang kokoh selama penggunaan benturan tinggi sekaligus memberi Anda kenyamanan saat berkendara.

Ada cukup banyak pakaian dalam olahraga yang bagus di pasaran saat ini. Secara spesifik, kebutuhan khusus para wanita penunggang kuda kini dipenuhi oleh sejumlah bra olahraga yang dapat mereka pilih tergantung kebutuhan dan kenyamanannya. 

Alas Kaki Berkuda

Pilih sepatu yang memiliki beberapa jenis hak untuk membuat penggunaan sanggurdi jauh lebih mudah. Sepatu kets kasual tidak apa-apa jika hanya itu yang Anda miliki, tetapi jangan pernah mengenakan sepatu resmi atau sandal karena dapat membuat Anda sedikit tidak nyaman, dan dapat membuat Anda rentan cedera saat jatuh dari kuda. Selain itu, hindari memakai sepatu yang mungkin sulit untuk masuk dan keluar dari sanggurdi. Ini termasuk sepatu yang terlalu besar, terlalu longgar, atau sepatu karet yang memiliki tapak karet dalam. Apa yang Anda kenakan di kaki Anda tidak hanya penting demi kenyamanan, tetapi juga untuk keamanan.

Tentu saja, sepatu yang dibuat khusus untuk menunggang kuda adalah jenis yang terbaik untuk dipakai. Sepatu atau sepatu bot yang dirancang untuk berkuda jauh lebih aman daripada sepatu kets atau sepatu bot hiking. Sepatu bot dan sepatu berkuda tersedia dalam berbagai gaya. Untuk perjalanan jauh dengan sadel Barat, sepatu berkuda dari kulit atau sepatu bot paddock adalah yang paling nyaman. Wahana dalam bahasa Inggris tack membutuhkan sepatu bot tinggi (kulit atau PVC) atau sepasang setengah celana untuk melindungi bagian bawah kaki jika memakai sepatu bot paddock atau sepatu berkuda.